Sebab Terbesar Gagal Istiqamah – Syaikh Sa’ad al-Khatslan #NasehatUlama

Ketika kamu melihat keadaan orang yang berbelok dan jatuh (dari jalan yang benar)
—Kita memohon kepada Allah keselamatan dan ‘afiyah—
yakni orang yang berada di atas kesalehan dan keistiqamahan, lalu berbalik.

Ketika kamu melihat hubungannya dengan al-Quran, akan kamu dapati ia jauh darinya.
Karena seandainya ia punya hubungan yang kuat dengan al-Quran, tidak akan terjadi kemunduran ini.

Jadi, di antara sebab paling agung untuk tetap teguh, istiqamah, dan bertambahnya iman adalah menadaburi al-Quran al-Karim.
Oleh sebab itu, Ibnu Taimiyah rahimahullah—meskipun beliau punya perhatian besar terhadap tadabur
dan kesibukannya dengan ilmu-ilmu yang lain,

terlebih lagi dengan penegakan akidah para salaf dan ilmu-ilmu lainnya—
Ibnu Taimiyah berkata pada akhir hayatnya—sebagaimana yang diriwayatkan al-Hafizh Ibnu Rajab
dalam kitab Dzail Thabaqat al-Hanabilah—

Ia berkata bahwa beliau menyesal atas—bukan sampai pada kelalaian, tapi—berlalunya
banyak waktu beliau dalam urusan selain tadabur al-Quran
selain makna-makna al-Quran.

Karena beliau memandang tadabur makna-makna al-Quran merupakan “harta simpanan” yang begitu besar,
terlebih lagi bagi orang seperti Imam Ibnu Taimiyah yang Allah Ta’ala karuniai banyak ilmu yang agung,

sehingga hasil tadabur yang beliau dapatkan tidak didapatkan oleh orang lain.
Jadi, tadabur al-Quran al-Karim merupakan salah satu perkara yang harus mendapat perhatian besar dari seorang Muslim.

====

وَلِهَذَا عِنْدَمَا تَرَى حَالَةَ الْمُنْتَكِسِيْنَ الْمُتَسَاقِطِيْنَ

نَسْأَلُ اللهَ السَّلَامَةَ وَالْعَافِيَةَ

يَعْنِي الَّذِي يَكُونُ عَلَى صَلَاحٍ وَاسْتِقَامَةٍ ثُمَّ يَنْتَكِسُ

عِنْدَمَا تَرَى حَالَهُ مَعَ الْقُرْآنِ تَجِدُ أَنَّهُ بَعِيدٌ عَنِ الْقُرْآنِ

وَإِلَّا لَوْ كَانَ مُرْتَبِطًا بِالْقُرْآنِ لَمْ تَحْصُلْ لَهُ هَذِهِ الْاِنْتِكَاسَةُ

فَإِذًا مِنْ أَعْظَمِ أَسْبَابِ الثَّبَاتِ وَالِاسْتِقَامَةِ وَزِيَادَةِ الْإِيمَانِ تَدَبُّرُ الْقُرْآنِ الْكَرِيمِ

وَلِهَذَا الْإِمَامُ ابْنُ تَيْمِيَّةَ رَحِمَهُ اللهُ يَعْنِي مَعَ عِنَايَتِهِ الْعَظِيمَةِ بِالتَّدَبُّرِ

وَأَيْضًا اشْتِغَالِهِ بِالْعُلُومِ الْأُخْرَى

خَاصَّةً بِتَقْرِيرِ عَقِيْدَةِ السَّلَفِ وَالْعُلُوْمِ الْأُخْرَى

يَقُولُ فِي آخِرِ حَيَاتِهِ كَمَا نَقَلَ ذَلِكَ عَنْهُ الْحَافِظُ ابْنُ رَجَبٍ

فِي ذَيْلِ طَبَقَاتِ الْحَنَابِلَةِ

يَقُولُ لَهُ نَدِمَ عَلَى يَعْنِي هُوَ لَيْسَ تَضْيِيْعًا وَإِنَّمَا ذَهَابُ

كَثِيرٍ مِنْ وَقْتِهِ فِي غَيْرِ تَدَبُّرِ الْقُرْآنِ

فِي غَيْرِ مَعَانِي الْقُرْآنِ

لِأَنَّهُ رَأَى أَنَّ تَدَبُّرَ مَعَانِي الْقُرْآنِ أَنَّهَا كَنْزٌ عَظِيمٌ

خَاصَّةً يَعْنِي مِثْلَ هَذَا الْإِمَامِ ابْنِ تَيْمِيَّةَ الَّذِي جَمَعَ اللهُ تَعَالَى لَهُ عُلُومًا عَظِيمَةً

فَيَحْصُلُ لَهُ مِنَ التَّدَبُّرِ مَا لَا يَحْصُلُ لِغَيْرِهِ

فَتَدَبُّرُ الْقُرْآنِ الْكَرِيمِ إِذًا هُوَ مِنَ الْأُمُورِ الَّتِي يَنْبَغِي أَنْ يُعْنَى بِهَا الْمُسْلِمُ عِنَايَةً عَظِيمَةً

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.