Senilai Pahala Belajar Agama

أَنَّ كُلَّ مَنْ أَعَانَ شَخْصًا فِيْ طَاعَةِ اللَّهِ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ فَإِذَا أَعَنْتَ طَالَبَ عِلْمٍ فِيْ شِرَاءِ الْكُتُبِ لَهُ أَوْ تَأْمِيْنِ السَّكَنِ أَوِ النَّفَقَةِ أَوْ مَا أشْبَهَ ذَلَكَ فَإِنَّ لَكَ أَجْرًا مَثْلَ أَجْرِهِ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَجْرِهِ شَيْئًا

“Sungguh semua orang yang membantu seseorang untuk taat kepada Allah akan mendapatkan pahala semisal pahala orang yang berbuat taat tersebut. Jika anda membantu pelajar agama (baca: santri) untuk membeli buku agama yang dia pelajari atau menyediakan asrama atau biaya konsumsi bulanan nya atau yang lain niscaya akan mendapatkan pahala semisal pahala orang yang belajar agama tersebut tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun.” (Syarh Riyadhus Shalihin 2/375, Madar al-Wathan)

Diantara kemurahan Allah adalah kaedah pahala semua orang yang membantu orang yang berbuat taat baginya pahala semisal pahala orang yang berbuat taat tersebut tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun.

Diantara proyek kebaikan yang perlu didukung oleh seluruh kaum muslimin adalah proyek mencetak calon-calon guru ngaji yang akan menyebarkan kebaikan di tengah-tengah masyarakat

Orang yang mendukung proyek ini tidak hanya mendapatkan pahala semisal pahala santri yang belajar agama namun juga mendapatkan pahala semisal pahala ustadz pengajar ilmu agama. 

Disamping dukungan untuk segera tersedianya gedung asrama adalah bagian dari pahala jariyah. 

Membelikan buku agama yang akan dipelajari santri atau diajarkan oleh seorang ustadz adalah bagian dari pahala jariyah. 

Menanggung kebutuhan makan orang yang belajar agama sehingga bisa beraktivitas berbuah semua aktivitas kebaikan orang tersebut jadi pahala bagi orang yang menanggung kebutuhan konsumsinya. 

Tidaklah diragukan dukungan dalam proyek kebaikan semisal ini adalah bagian dari sumber pahala yang berlimpah

Semoga Allah mudahkan penulis dan semua pembaca tulisan ini agar memiliki banyak kran-kran pahala jariyah yang terus mengalir sampai hari Kiamat. Aamiin. 

Penulis: Ustadz Aris Munandar, S.S., M.P.I.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.