Cerita Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin tentang Gurunya #NasehatUlama

Cerita Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin tentang Gurunya #NasehatUlama

Ia berkata, “Syaikh yang terhormat, orangtuaku dan syaikhku, yang terhormat asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin. Amma ba’du:

– Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
– Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Setiap kali aku membaca kitab karangan al-Imam al-‘Allamah, asy-Syaikh Abdurrahman as-Sa’di; maka kitab itu akan menarik hatiku dan metodenya membuatku takjub, begitu pula dengan kemudahannya. Karena aku mendapatinya mengandung ilmu yang luas dan banyak. Orangtuaku yang terhormat, aku memiliki keinginan yang semoga dapat tercapai yaitu aku berharap Anda menceritakan kisah hidup sang imam ini terlebih lagi tentang ilmu dan akhlak beliau, serta pengaruh beliau bagi umat, juga jihad beliau.

Hal ini karena diketahui bahwa Anda dekat dengan beliau. Dan sebagai penutup kalimat ini, aku mengucapkan kalimat yang diucapkan setiap mukmin yang mengetahui kedudukan para ulama. “Aku mencintai Anda karena Allah, dan aku memohon kepada Allah Ta’ala agar mengumpulkan kita dengan beliau serta para orangtua kita dan seluruh hadirin di dalam surga-Nya, surga firdaus. Sungguh Dia Maha Kuasa atas segalanya. Dan semoga Allah menjaga Anda dan memberkahi umur Anda. Semoga Allah senantiasa mencurahkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad.”

Adapun pembahasan tentang asy-Syaikh maka kata-kataku tidak akan mampu menjelaskan setiap ilmu dan akhlak yang beliau miliki, serta kebaikan beliau yang begitu besar -rahimahullah-. Dalam beberapa kitab beliau juga telah ditulis tentang biografi beliau, maka siapa yang ingin penjelasan lebih maka ia dapat mentelaah kitab-kitab itu.

Adapun tentang muamalah beliau maka aku belum pernah melihat seorangpun yang lebih baik akhlaknya dari beliau -rahimahullah-. Beliau seorang lelaki yang rendah hati, mencintai orang-orang fakir, dan selalu menjaga kehormatan mereka. Dan orang-orang pada zaman beliau, tidak berada di tingkat keuangan dan harta seperti sekarang.

Namun mereka sangat miskin. Dahulu beliau rahimahullah pergi sendiri; Jika ada zakat atau sedekah yang diberikan kepada beliau, maka beliau sendiri yang mengantarnya kepada orang fakir, beliau mengetuk pintunya, dan segera memberikan sedekah dan zakat yang beliau bawa, tanpa diketahui oleh si penerima. Hal ini karena beliau tidak mengharapkan balasan dan ucapan terima kasih darinya.

Beliau juga rendah hati kepada para penuntut ilmu. Beliau mengajak mereka bercanda; dan terkadang memberi mereka beberapa hadiah, bukan sesuatu yang berharga, namun hanya untuk menarik hati mereka. Terkadang beliau juga membuat tantangan untuk menghafal suatu matan sebagaimana ketika beliau membuat tantangan menghafal Bulughul Maram dengan hadiah 100 Riyal. 100 Riyal ketika itu setara dengan kira-kira 100 ribu Riyal saat ini. Siapa yang berhasil mendapat 100 Riyal. Dan bagaimana pun, alhamdulillah, kami dapat meneladani banyak dari akhlak beliau, namun kami masih belum bisa setara dengan beliau hingga kini.

Hanya akhlak-akhlak beliau yang Allah ‘Azza wa Jalla beri kemudahan saja yang dapat kami teladani dan ambil manfaatnya.
Beliau rahimahullah telah merasakan yakni beberapa ujian dan permusuhan dari orang-orang, terlebih lagi dari beberapa ulama yang menjadi rivalnya. Namun beliau bersabar dan mengharap pahala dari cobaan itu. Dan kesudahannya berakhir baik bagi beliau.

Orang-orang tidak mengetahui kedudukan beliau, kecuali setelah beliau wafat -rahimahullah-; Barulah mereka mengetahui kedudukan beliau dan mengetahui ilmu-ilmu yang bermanfaat besar yang beliau berikan untuk umat ini. Dan kitab-kitab beliau seperti yang dikatakan orang yang bertanya ini kitab-kitab beliau mudah dipahami, semua orang dapat memanfaatkannya, baik itu orang awam atau penuntut ilmu. Lihat saja tafsir beliau -rahimahullah- orang yang membacanya bagaikan minum air, karena begitu mudah dipahami dan sangat jelas. Beliau juga banyak mengeluarkan intisari yang menakjubkan. Aku tidak pernah melihat yang seperti itu dari kitab-kitab tafsir yang telah aku baca. Sebagai contoh kamu mendapati beliau mengambil banyak intisari dari suatu ayat yang tidak dapat kamu temui dalam kitab tafsir yang lain.

Pada intinya, beliau -rahimahullah- adalah mutiara bagi zamannya. Kami tidak pernah mengenal orang yang seperti beliau dalam kebaikan akhlak, kelembutan, dan keramahan dan juga toleransi. Yakni beliau tidak memiliki sikap keras yang biasa ada pada sebagian orang. Namun beliau adalah orang yang toleran. Akan tetapi, beliau tidak mungkin menyetujui perkara yang haram yang menurut beliau memang haram. Namun beliau akan sangat mengingkarinya. Kita memohon kepada Allah Ta’ala agar meliputi kita dan beliau dengan rahmat-Nya dan mengumpulkan kita semua di negeri kemuliaan-Nya (surga).

================================================================================

يَقُولُ فَضِيلَةَ الشَّيْخِ

وَالِدِي وَشَيْخِي فَضِيلَةَ الشَّيْخِ مُحَمَّدَ بْنُ صَالِحٍ الْعُثَيْمِيْنَ

أَمَّا بَعْدُ

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ –
وَعَلَيْكُمُ السَّلَامُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ –

إِنَّنِي كُلَّمَا قَرَأْتُ كِتَابًا لِسَمَاحَةِ الْإِمَامِ الْعَلَّامَةِ

الشَّيْخِ عَبْدِ الرَحْمَنِ السَّعْدِيِّ أَخَذَ بِمَجَامِعِ قَلْبِي وَبَهَرَنِيْ حَسَنُ أُسْلُوْبِهِ

وَسُهُولَتِهِ

لِمَا أَرَى فِيهِ مِنَ الْعِلْمِ الْجَمِّ الْغَزِيرِ

سَمَاحَةَ وَالِدِي، أُمْنِيَتِي الْغَالِيَةُ تَمَنَّيْتُ أَنْ تَتَحَقَّقَ

وَهِيَ أَنْ تُحَدِّثَنَا عَنْ حَيَاةِ هَذَا الْإِمَامِ

خَاصَّةً عِلْمُهُ خُلُقُهُ

أَثَرُهُ عَلَى الْأُمَّةِ وَجِهَادُهُ

وَذَلِك لِمَعْرِفَةِ قُرْبِكَ مِنهُ لِمَعْرِفَةِ قُرْبِكَ مِنْهُ

وَإِنِّي أَقُولُ فِي خِتَامِ هَذِهِ الْكَلِمَةِ

يَلْهَجُ بِهَا كُلُّ مُؤْمِنٍ عَرَفَ قَدْرَ الْعُلَمَاءِ

ُحِبُّكَ فِي اللهِ . وَأَسْأَلُ اللهَ تَعَالَى أَنْ يَجْمَعَنَا نَحْنُ وَإِيَّاهُ

وَوَالِدِينَا وَالْحَاضِرِيْنَ

فِي جَنَّاتِهِ جَنَّاتِ الْفِرْدَوْسِ إِنَّهُ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ

وَأَنْ يَحْفَظَكَ وَيُبَارِكَ فِي عُمْرِكَ

وَصَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ

أَمَّا الْكَلَامُ عَنِ الشَّيْخِ

فَإِنَّ عِبَارَاتِيْ لَا تَسْتَطِيعُ أَنْ تُلِمَّ

بِمَا كَانَ عَلَيْهِ مِنَ الْعِلْمِ وَالْأَخْلَاقِ

وَالْإِحْسَانِ الْعَظِيمِ رَحِمَهُ اللهُ

وَقَدْ تُرْجِمَ لَهُ فِي بَعْضِ كُتُبِهِ

فَمَنْ أَرَادَ الْمَزِيدَ مِنْ ذَلِكَ

فَلْيُحَدِّثْ فَلْيَرْجِعْ إِلَيْهَا

أَمَّا بِالنِّسْبَةِ لِمُعَامَلَتِهِ

فَأَنَا مَا رَأَيْتُ أَحَدًا

أَحْسَنَ أَخْلَاقًا مِنْهُ رَحِمَهُ اللهُ

رَجُلٌ مُتَوَاضِعٌ

يُحِبُّ الْفُقَرَاءَ

يُحِبُّ السَّتْرَ عَلَيْهِمْ

وَكَانَ النَّاسُ فِيمَا فِي عَهْدِهِ

لَيْسُوا عَلَى هَذَا الْمُسْتَوَى مِنَ الْمَالِ وَالْغِنَى

بَلْ كَانُوا فُقَرَاءَ إِلَى أَبْعَدِ الْحُدُودِ

وَكَانَ رَحِمَهُ اللهُ يَذْهَبُ بِنَفْسِهِ

إِذَا جَاءَتْهُ الزَّكَاةُ أَوِ الصَّدَقَاتُ

يَذْهَبُ بِهَا لِنَفْسِهِ إِلَى الرَّجُلِ الْفَقِيرِ

يَقْرَعُ عَلَيْهِ الْبَابَ

وَيَمُدُّ لَهُ مَا بِيَدِهِ مِنَ الصَّدَقَةِ وَالزَّكَاةِ

مِنْ غَيْرِ أَنْ يَشْعُرَ

لِأَنَّهُ لَا يُرِيدُ بِذَلِكَ جَزَاءً وَلَا شُكُورًا

وَكَان مُتَوَاضِعًا رَحِمَهُ اللهُ لِلطَّلَبَةِ

وَكَان يُمَازِحُهُمْ

وَرُبَّمَا يُهْدِي إِلَيْهِم أَشْيَاءَ

يَعْنِي لَيْسَتْ بِذَاتِ قِيمَةٍ جَلْبًا لِقُلُوبِهِم

وَكَانَ أَيْضًا رُبَّمَا يَجْعَلُ الْجُعْلَ

عَلَى حِفْظِ مَتْنٍ مِنَ الْمُتُونِ

كَمَا جَعَلَ عَلَى حِفْظِ بُلُوغِ الْمَرَامِ مِئَةَ رِيَالٍ

مِئَةَ رِيَالٍ فِي ذَلِكَ الْوَقْتِ تُسَاوِي

مِئَةَ أَلْفٍ تَقْرِيْبًا فِي وَقْتِنَا هَذَا

مَنْ يُحَصِّلُ لَهُ مِئَةَ رِيَالٍ

وَعَلَى كُلِّ حَالٍ نَحْنُ وَالْحَمْدُ لِلهِ

اِكْتَسَبْنَا مِنْ أَخْلَاقِهِ شَيْئًا كَثِيْرًا وَلَكِنَّمَا لَمْ نَلْحَقْهُ حَتَّى الْآنَ

إِنَّمَا يَسَّرَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ شَيْئًا مِنْ أَخْلَاقِهِ

انْتَفَعْنَا بِهِ

وَهُوَ رَحِمَهُ اللهُ حَصَلَ عَلَيْهِ يَعْنِي مِنَ

النَّكَبَاتِ وَإِيْذَاءِ النَّاسِ لَهُ

وَلَا سِيَّمَا مِنْ أَقْرَانِهِ بَعْضِ الْعُلَمَاءِ

لَكِنَّهُ صَبَرَ وَاحْتَسَبَ

وَكَانَتْ الْعَاقِبَةُ لَهُ

وَلَمْ يَعْرِفْ النَّاسُ قَدْرَهُ إِلَّا بَعْدَ أَنْ تُوُفِّيَ رَحِمَهُ اللهُ

عَرَفُوا قَدْرَهُ

وَمَا أَسْدَى إِلَى هَذِهِ الْأُمَّةِ مِنَ الْعُلُومِ النَّافِعَةِ الْجَمَّةِ

وَكُتُبُهُ كَمَا قَالَ السَّائِلُ

كُتُبُهُ سَهْلَةٌ

كُلٌّ يَنْتَفِعُ بِهَا

الْعَامُّ وَطَالِبُ الْعِلْمِ

وَانْظُرْ إِلَى تَفْسِيرِهِ رَحِمَهُ اللهُ

يَقْرَأَهُ الْإِنْسَانُ وَكَأَنَّهُ يَشْرَبُ مَاءً

مِن سُهُولَتِهِ وَوُضُوحِهِ

وَلَهُ رَحِمَهُ اللهُ اسْتِنْبَاطَاتٌ عَجِيْبَةٌ

مَا رَأَيْتُ مِثْلَهَا فِيمَا يَمُرُّ بِهِ مِنَ التَّفْسِيرِ

تَجِدُهُ مَثَلاً يَسْتَخْرِجُ فَوَائِدَ كَثِيرَةً مِنَ الْآيَةِ

لَا تَجِدُهَا فِي كِتَابٍ فِي أَيِّ تَفْسِيرٍ آخَرَ

فَالْمُهِمُّ أَنَّ الرَّجُلَ رَحِمَهُ اللهُ دُرَّةُ زَمَانِهِ

وَلَمْ نَعْلَمْ أَحَدًا مِثْلَهُ

فِي حُسْنِ الْخُلُقِ وَاللِّيْنِ وَالسُّهُولَةِ

وَالسَّعَةِ أَيْضًا

يَعْنِي لَيْسَ عِنْدَهُ ذَاكَ التَّشْدِيدُ الَّذِي يَكُونُ عِنْدَ بَعْضِ النَّاسِ

بَلْ هُوَ رَحِمَهُ اللهُ سَهْلٌ

إِلَّا أَنَّهُ لَا يُمْكِنُ

أَنْ يُقِرَّ شَيْئًا مُحَرَّمًا يَرَى أَنَّهُ مُحَرَّمٌ

بَلْ يُنْكِرُهُ غَايَةَ الإِنْكَارِ

فَنَسْأَلُ اللهَ تَعَالَى أَنْ يَعُمَّنَا وَإِيَّاكُمْ بِرَحْمَتِهِ وَإِيَّاهُ

وَأَنْ يَجْمَعَنَا جَمِيْعًا فِي دَارِ كَرَامَتِهِ

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.